Finalis ISPO 2010

KONSEP ANTISIPASI RUMAH GLOBAL WARMING

Rumah yang beratapkan genteng adalah rumah yang banyak digunakan oleh masyarakat kita sekarang ini. Dengan adanya masalah global warming yang sekarang ini menjadi satu pokok masalah penting di dunia, kami mencoba membuat satu rancangan model rumah yang unik dimana kami berharap rancangan ini bisa menjadi satu usaha pelestarian lingkungan dan upaya untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam bidang teknologi yang juga dapat digunakan oleh masyarakat sehingga dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.
Rancangan yang dibuat berupa rumah yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat menggunakan tanah sebagai atapnya. Sehingga kita dapat menanam berbagai macam tanaman di atap rumah kita. Rancangan ini secara umum terbagi dalam 4 tahap, yaitu (1) tahap persiapan penelitian, (2) tahap pelaksanaan penelitian, (3) tahap pengambilan data, (4) tahap penggunaan hasil penelitian.
Dari penelitian ini diperoleh hasil antara lain :
Peneliti dapat memanfaatkan tanah untuk dijadikan atap rumah yang dapat mengurangi pemanasan global, dapat digunakan untuk sarana rekreasi keluarga, dan untuk melestarikan lingkungan.

Kata kunci : konsep, rumah, global warming, antisipasi

Tinggalkan komentar